October 29, 2014

Ilmu Dakwah - Ali Aziz

Mengenal lebih dekat tentang dakwah berdasarkan buku "Ilmu Dakwah" karya Ali Aziz. Untuk lebih detailnya, Download Resume Ilmu Dakwah Ali Aziz 

Terkait dengan dakwah sebagai penyampaian agama islam,  hadits Al Bukhari VIII : 149 mengajarkan tiga hal, yaitu kesetaraan gender dalam dakwah, kewajiban berdakwah, dan pesan dakwah sesuai dengan keadaan mitra (penerima dakwah). Dalam kehidupan ditengan masyarakat, dakwah sering disalah artikan ulama sebagai pendakwah menyampaikan pesannya di depan khalayak. Akhirnya, dakwah hanya dipahami sebagai tugas ulama semata, bentuk dakwah hanya ceramah agama dan mitra dakwah terdiri dari banyak orang. Pemahaman yang tidak tepat ini telah diterima secara umum di kalangan masyarakat, sehingga perlu dikemukakan fenimena dakwah yang lain. Menurut  Abu Bakar Zakaria dakwah merupakan ”Usaha para ulama dan orang-orang yang memiliki pengetahuan agama Islam untuk memberikan pengajaran kepada khalayak umum sesuai dengan kemampuan yang dimiliki tentang hal-hal yang mereka butuhkan dalam urusan dunia keagamaan.” dan menurut Quarai Sihab dakwah, “Sebagai seruan atau ajakan kepada keinsyafan atau usaha mengubah sesuatu  yanag tidak baik kepada sesuatu yang lebih baik terhadap pribadi maupun masyarakat.”, dan masih banyak lagi.

Ilmu Dakwah termasuk sains aplikatif. Hasil dari penelitian ilmu dakwah dapat berguna untuk kegiatan dakwah. Penggunaan ilmu dakwah tergantung dari tujuan dan target kegiatan dakwah, salah satu komponen strategis. Ilmu dakwah dapat dilakukan sebagai penelitian dan evaluasi. Sebelum pendakwah masuk ke arena dakwah, terlebih dahulu ia mendapatkan informasi yang akurat dan objektif tentang medan dakwah. Informasi ini berguna untuk merumuskan langkah dakwah. Dan ketika kegiatan dakwah telah usai, pendakwah perlu mendapatkan hasil evaluasinya yang membuatnya tau titik kelemahan dan kelebihan dari dakwahnya.

Berikut ini adalah fungsi dakwah. Dakwah bukalah suatu pekerjaa magis, ilusi atau usaha untuk menyenangkan kesenangan atau bentuk-bentuk sikotepia lainnya. Atas dasar ini –dakwah Islam tidak dilakukan denga psikotrapik- maka, mengalihka agama seseorang yang sadar dengan cara-cara magic, mistis, atau kimiawi meruakan tindakan tidak bermoral.Dengan dakwah umat Islam dapat menjadi saudara.Dakwah Islam mutlak diperlukan agar Islam menjadi penyejuk bagi kehidupan manusia.Melalui dakwah, Islam tersebar keseluruh penjuru dunia, jadi dakwah Islam berfungsi sebagai tongkat estafet peradaban manusia. Dakwah berfungsi menjaga orisinalitas pesan dakwah Nabi SAW. Dakwah berfungsi mencegah laknat Allah, yakni siksa untuk seluruh manusia.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2015 Baca Online dan Seputar Blog
| Distributed By Gooyaabi Templates