Makkiyah dan Madaniyah
PENDAHULUAN
I.
LATAR BELAKANG
Al-Qur’an
diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, dengan cara sedikit demi sedikit (tanjim)
dan berurutan (tartil). Dalam proses yang cukup panjang yakni lebih-kurang 23
tahun. Tepatnya menurut sebagian ulama diantaranya Syaikh Muhammad al-Khundhari
Bek, turunnya Al-Qur’an memakan waktu 22 tahun, 2 bulan, dan 22 hari. Dimulai
tanggal 17 Ramadhan tahun ke-41 dari kenabian Muhammad SAW, dan berakhir pada
tanggal 9 Dzulhijjah tahun 10 Hijrah (bertepatan dengan tahun 610-632 M).
Mengingat
Nabi Muhammad SAW, pernah bertempat tinggal di dua kota ternama, yakni Makkah
dan Madinah, maka mudah dipahami jika para ahli ilmu-ilmu Al-Qur’an membedakan
surat-surat dan ayat-ayat Al-Qur’an antara yang turun pada fase Makkah dengan
surat-surat dan ayat-ayat yang diturunkan pada periode Madinah.
Dari sini
(Makkah-Madinah tempat kediaman Nabi Muhammad SAW), lahirlah salah satu cabang
ilmu pengetahuan dari ilmu-ilmu Al-Qur’an yaitu ilmu al-makki wa al-madani.
Ilmu ini memiliki kedudukan yang cukup penting dalam mempelajari ulum
Al-Qur’an pada umumnya dan dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an pada khususnya.[1]
II.
RUMUSAN MASALAH
1.
Apa yang dimaksud Makki ?
2.
Apa saja Ciri–ciri surat/ayat Makki ?
3.
Apa yang dimaksud Madani ?
4.
Apa saja Ciri–ciri surat/ayat Madinah ?
5.
Apa Saja faedah dan kedudukan Ilmu Makki dan Madani ?
6.
Bagaimana cara mengetahui surat Makki dan surat Madani
?
PEMBAHASAN
1.
Pengertian Makki
Melihat kepada
masa turunnya, Al-Makkiy yaitu ayat-ayat Al-Qur’an yang turun sebelum hijrah
sekalipun tidak di Makkah.[2] Periode
Makkah memakan waktu 12 tahun, 5 bulan dan 13 hari; yakni sejak tanggal 17
Ramadhan tahun ke-41 hingga awal Rabi’ul Awwal tahun ke 54 dari kelahiran Nabi
Muhammad SAW. Melihat kepada pembicaraan bahwa Makkiyah adalah ayat-ayat yang
khitab-nya ditujukan kepada penduduk Makkah.[3]
Melihat kepada tempat turunnya, Al-Makkiy yaitu ayat yang turun di Mekah, dan
di daerah sekitarnya. Seperti Mina, Arafah, dan Hudaibiyah.
a.
Surah-surah yang turun di Makkah
Menurut buku karya Drs. H. Kahar Mansyur, menyebutkan
jumlah surat Al-Makkiy ada 86, yaitu : [4]
No
|
Nama Surat
|
Nomor Urut Dalam Mushhaf
|
Jumlah Ayat
|
Rukuknya
|
Ket
|
1
|
Al-‘alaq
|
96
|
19
|
1
|
|
2
|
Al-Qalam
|
68
|
52
|
2
|
|
3
|
Al-Muzammil
|
73
|
20
|
2
|
|
4
|
Al-Mudattsir
|
74
|
56
|
2
|
|
5
|
Al-Faatihah
|
11
|
7
|
1
|
|
6
|
Al-Lahab
|
101
|
5
|
1
|
|
7
|
Attakwiir
|
81
|
29
|
9
|
|
8
|
Al-A’laa
|
87
|
19
|
1
|
|
9
|
Allail
|
92
|
21
|
1
|
|
10
|
Al-Fajru
|
89
|
30
|
1
|
|
11
|
Ad-Dhuhaa
|
93
|
11
|
1
|
|
12
|
Al-Insyiraah
|
94
|
8
|
1
|
|
13
|
Al-‘Ashri
|
103
|
3
|
1
|
|
14
|
Al-‘Aadiyaat
|
100
|
11
|
1
|
|
15
|
Al-Kawtsar
|
108
|
3
|
1
|
|
16
|
Attakaatsur
|
102
|
8
|
1
|
|
17
|
Al-Maa’uun
|
107
|
7
|
1
|
|
18
|
Al-kaafirun
|
109
|
6
|
1
|
|
19
|
Alfiil
|
105
|
5
|
1
|
|
20
|
Al-falaq
|
113
|
5
|
1
|
|
21
|
Annas
|
114
|
6
|
1
|
|
22
|
Al-ikhlas
|
112
|
4
|
1
|
|
23
|
Annajmu
|
53
|
62
|
3
|
|
24
|
‘Abasaa
|
80
|
42
|
1
|
|
25
|
Al-Qadar
|
97
|
5
|
1
|
|
26
|
Assyamsu
|
91
|
15
|
1
|
|
27
|
Al-Buruuj
|
85
|
22
|
1
|
|
28
|
Attin
|
95
|
8
|
1
|
|
29
|
Quraisy
|
106
|
4
|
1
|
|
30
|
Al-Qaari’ah
|
101
|
11
|
1
|
|
31
|
Al-Qiyaamah
|
75
|
40
|
2
|
|
32
|
Al-Humazah
|
104
|
9
|
1
|
|
33
|
Al-Mursalaat
|
77
|
45
|
2
|
|
34
|
Qaaf
|
50
|
45
|
2
|
|
35
|
Al-Balad
|
90
|
20
|
1
|
|
36
|
Atthariq
|
86
|
17
|
1
|
|
37
|
Al-Qamar
|
54
|
55
|
3
|
|
38
|
Asshaad
|
38
|
88
|
5
|
|
39
|
Al-A’raaf
|
7
|
206
|
22
|
|
40
|
Al-jinnu
|
72
|
28
|
2
|
|
41
|
Yaasiin
|
36
|
83
|
4
|
|
42
|
Al-Furqaan
|
25
|
77
|
6
|
|
43
|
Faathir
|
35
|
45
|
5
|
|
44
|
Maryam
|
19
|
98
|
6
|
|
45
|
Thaahaa
|
20
|
135
|
8
|
|
46
|
Al-Waaqi’ah
|
56
|
96
|
3
|
|
47
|
Assyu’araak
|
26
|
227
|
11
|
|
48
|
Annamal
|
27
|
93
|
7
|
|
49
|
Al-qashash
|
28
|
88
|
9
|
|
50
|
Al-israak
|
17
|
111
|
11
|
|
51
|
Yunus
|
10
|
109
|
9
|
|
52
|
Huud
|
11
|
123
|
10
|
|
53
|
Yusuf
|
12
|
111
|
10
|
|
54
|
Al-hijir
|
15
|
99
|
6
|
|
55
|
Al-An’aam
|
6
|
165
|
20
|
|
56
|
Asshaafat
|
37
|
182
|
5
|
|
57
|
Luqman
|
31
|
34
|
3
|
|
58
|
Sabak
|
34
|
54
|
6
|
|
59
|
Azzumar
|
39
|
75
|
8
|
|
60
|
Ghaafir
|
40
|
85
|
9
|
|
61
|
Fusshilat
|
41
|
54
|
6
|
|
62
|
Assyuuraa
|
42
|
53
|
5
|
|
63
|
Azzukhruf
|
43
|
53
|
5
|
|
64
|
Addukhaan
|
44
|
89
|
7
|
|
65
|
Al-jaatziyah
|
45
|
37
|
4
|
|
66
|
AL-ahqaaf
|
35
|
35
|
3
|
|
67
|
Addzaariyaat
|
51
|
60
|
3
|
|
68
|
Al-Ghaasyiyah
|
88
|
26
|
1
|
|
69
|
Al-kahfi
|
18
|
110
|
12
|
|
70
|
Annahl
|
16
|
128
|
16
|
|
71
|
Nuuh
|
71
|
28
|
2
|
|
72
|
Ibrahim
|
14
|
52
|
6
|
|
73
|
Al-anbiyaak
|
21
|
112
|
7
|
|
74
|
Al-mukminuun
|
23
|
118
|
6
|
|
75
|
Assajadah
|
32
|
30
|
3
|
|
76
|
Athuur
|
52
|
49
|
2
|
|
77
|
Al-mulk
|
67
|
67
|
2
|
|
78
|
Al-haaqqah
|
19
|
52
|
2
|
|
79
|
Al-ha’aarij
|
70
|
44
|
2
|
|
80
|
Annabaak
|
78
|
40
|
1
|
|
81
|
Annazi’aat
|
79
|
46
|
2
|
|
82
|
Al-infithaar
|
82
|
19
|
1
|
|
83
|
Al-insyiqaaq
|
84
|
25
|
1
|
|
84
|
Arruum
|
30
|
60
|
6
|
|
85
|
Al-‘angkabut
|
29
|
69
|
7
|
|
86
|
Al-huthaffif
|
83
|
35
|
1
|
2.
Ciri-ciri khusus surat/ayat Makkiyah
1.
Setiap surat/ayat yang di dalamnya terdapat kata-kata ياايهاالناس
(wahai manusia).
2.
Surat/ayat yang di dalamnya terdapat kata-kata يابني ادم
(hai bani Adam), kecuali dalam surat Al-Ma’idah : 27.
3.
Surat/ ayat yang di dalamnya terdapat kata كلا
(sekali-kali tidak, atau jangan begitu).
4.
Setiap surat/ayat yang di dalamnya terdapat kata sajada
dan atau ayat as-sajdah (السجدة).
5.
Semua surat yang diawali huruf tahajji seperti (Ù‚), nun (Ù†), ha mim
(ØÙ…).
6.
Surat/ayat makkiyah umumnya pendek-pendek.
7.
Semua surat yang memuat kisah para nabi dan umat-umat
terdahulu.
8.
Isi surat/ayat makkiyah pada umumnya berkenaan dengan
perihal akidah/keimanan atau tauhid, akhlaq, surga, pahala dan dosa.[5]
3.
Pengertian Madani
Melihat kepada
masa turunnya, Al-Madaniyyah yaitu ayat-ayat Al-Qur’an yang turun sesudah
hijrah sekalipun di Madinah. Periode Madinah, menghabiskan waktu 9 tahun, 9
bulan dan 9 hari, yakni sejak awal Rabi’ul-Awwal 54 hingga tanggal 9 Dzulhijjah
tahun ke-63 dari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Atau ke 10 Hijrah.[6]
Melihat kepada pembicaraan bahwa ayat-ayat yang turun di Madinah dan ayat-ayat
yang khithab-nya ditujukan kepada penduduk Madinah. Melihat kepada tempat
turnnya Al-Madiniy, yaitu ayat yang turun di Madinah dan di daerah sekitarnya,
seperti di Uhud, Qubak, dan Sil’u.[7]
a.
Surah-surah yang turun di Madinah
Menurut buku karya Drs. H. Kahar Mansyur, menyebutkan
jumlah surat Al-Madani ada 28, yaitu :[8]
No
|
Nama Surat
|
Nomor Urut Dalam Mushhaf
|
Jumlah ayat
|
Rukuknya
|
Ket
|
1
|
Al-Baqarah
|
2
|
286
|
37
|
|
2
|
Al-Anfaal
|
8
|
75
|
10
|
|
3
|
Ali’imran
|
3
|
200
|
20
|
|
4
|
Al-Ahzaab
|
33
|
73
|
9
|
|
5
|
Al-Mumtahinah
|
60
|
13
|
2
|
|
6
|
Annisaak
|
4
|
176
|
24
|
|
7
|
Azzalzalah
|
99
|
8
|
1
|
|
8
|
Alhadiid
|
57
|
29
|
4
|
|
9
|
Muhammad
|
47
|
38
|
4
|
|
10
|
Arra’du
|
13
|
43
|
6
|
|
11
|
Arrahmaan
|
55
|
78
|
3
|
|
12
|
Al-Insaan
|
76
|
31
|
2
|
|
13
|
Atthalaaq
|
65
|
12
|
2
|
|
14
|
Al-Bayyinah
|
98
|
8
|
1
|
|
15
|
Al-Hasyru
|
99
|
24
|
3
|
|
16
|
Annuur
|
24
|
64
|
9
|
|
17
|
Al-Hajji
|
22
|
78
|
10
|
|
18
|
Al-Hunaafiquun
|
63
|
11
|
2
|
|
19
|
Al-Mujaadilah
|
58
|
22
|
2
|
|
20
|
Al-Hujuraat
|
49
|
18
|
2
|
|
21
|
Attahriim
|
66
|
12
|
2
|
|
22
|
Attaghaabun
|
64
|
18
|
2
|
|
23
|
Asshaafu
|
61
|
14
|
2
|
|
24
|
Al-Jumu’ah
|
62
|
11
|
2
|
|
25
|
Al-Fat-hu
|
48
|
29
|
4
|
|
26
|
Al-Maa-idah
|
5
|
120
|
16
|
|
27
|
Attawbah
|
9
|
129
|
14
|
|
28
|
Annashru
|
110
|
3
|
1
|
4.
Ciri-ciri khusus surat/ayat Madaniyah
1.
Semua surat yang padanya terdapat kalimat “orang-orang
yang beriman” (ياايها الذين امنوا).
2.
Semua surat yang padanya terdapat hukum-hukum faraidh,
hudud, qishahsh dan jihad
3.
Semua surat yang menyebut “orang-orang munafik” kecuali
Al-Ankabut.
4.
Semua surat yang memuat bantahan terhadap Ahlu Al-Kitab
(Yahudi dan Nashrani).
5.
Semua surat yang memuat hukum syara’, seperti ibadah,
mu’ammalah dan al-ahwal al syakhshiyah.
6.
Ayat-ayat Madaniyah pada umumnya panjang-panjang.[9]
5.
Faedah dan kedudukan Ilmu Makki dan Madani
a.
Faedah Ilmu Makki dan Madani
·
Sebagai penolong dalam menafsirkan Al-Qur’an.
Mengetahui tempat-tempat turun ayat itu menolong untuk memahami ayat dan
menafsirkannya.[10]
·
Sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi
klasifikasi berbagai periwayatan, pembenaran teks-teks dan pembelaan terhadap
pelurusan kebenaran sejarah.
·
Umat islam dapat meningkatkan keyakinan akan
kebenaran, kebesaran, kesucian dan kemurnian Al-Qur’an.
·
Seorang mufassir dan atau yang lainnya dapat
mengenali dan sekaligus menelusuri jejak (napak tilas) rangkaian fase-fase
dakwah islamiyah dari awal hingga akhir dan sekaligus akan memperoleh inspirasi
dalam memunculkan cara-cara yang prima dalam membangun sistem berpikir
keislaman sepanjang zaman dan dalam seantero keadaan.[11]
b.
Kedudukan Ilmu Makki dan Madani
Ilmu Makki dan Madani memiliki kedudukan penting dan
strategis serta sekaligus mempunyai nilai guna yang sangat berarti dalam
menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an. Ilmu al-Makki wal-Madani mempunyai kedudukan
signifikan bagi mufassir, paling sedikit sebagai ilmu penopang/pendukung atau
ilmu bantu. Bahkan, bagi mufassirin yang mengakui keberadaan konsep nasakh
mansukh dalam Al-Qur’an, hampir dapat dipastikan harus menjadikan ilmu al-makki
wal-madani sebagai salah satu perangkat bagi mereka.
Diantara ulama tafsir yang memandang eksistensi ilmu
al-makki wal-madani jauh lebih diperlukan dibandingkan dengan ilmu sabab nuzul
misalnya. Di antaranya, kata mereka, mengingat ilmu tersebut lebih luas ruang
lingkupnya dibandingkan dengan ilmu asbabin-nuzul. Menurut Subhi as-Shalih
berpendapat bahwa ilmu al-makki wal-madani, jauh lebih luas dan bersifat
menyeluruh dibandingkan dengan ilmu asbabin-nuzul yang bersifat partikel
(juz’i) dan berorientasikan masa lalu sedangkan ilmu al-makki wal-madani bisa
juga berorientasi ke masa-masa depan.[12]
6.
Cara-cara mengetahui surat Makki dan surat
Madani
Dalam mengetahui
Al-Makki dan Al-Madani maka ulama-ulama berpedoman kepada dua metode yang
menjadi asas. Yaitu metode sam’i naqli (mendengar saja apa yang dikatakan
oleh Rasulullah SAW). Kedua, metode Al-Qiyasi Al-Ijtima’i (kias dan
ijtihad).
Metode sima’i
naqli itu dikaitkan kepada riwayat yang sah dari sahabat-sahabat yang hidup
dimasa turunnya wahyu itu. Mereka ini menyaksikan sendiri turunnya. Atau dari
tabi’in yang mendapatkannya dari sahabat. Mereka itu mendengar dari sahabat
bagaimana cara turunnya, tempat-tempat turunnya dan peristiwa-peristiwa yang
terjadi pada waktu itu. Kata Qadhi Abubakar Ibnu Thayib Al Baqalaniy dalam
kitabnya Al Intishar, untuk mengetahui Al-Makki dan Al-Madani ini maka
orang harus kembali kepada hafalan sahabat dan tabi’in bila perkataan itu tidak
terdapat dari Rasulullah. Hal ini bukanlah merupakan perintah. Menurut
sepanjang yang diketahui masalah ini oleh Allah tidak diwajibkan kepada umat.
Sebagian hanya diwajibkan kepada ahli-ahli ilmu. Orang yang mengetahui sejarah
nasikh dan mansukh bukan nash dari Rasul.
Metode kias
ijtihadiy itu dikaikan kepada keistimewaan Al-Makki dan Al-Madani. Apabila
terdapat dalam surat Al-Makki ayat yang mengandung tabi’at yang diturunkan di
Al-Madani, atau mengandung sesuatu dari peristiwa-peristiwanya itu maka dalam
hal ini orang mengatakan bahwa dia adalah Madaniyah. Apabila terdapat pada
surat Madaniyah ayat yang mengandung tabi’at ayat yang diturunkan di Al-Makki,
atau mengandung sesuatu dari peristiwa-peristiwanya, maka dalam hal ini orang
mengatakan ayat ini adalah Makiyyah. Apabila terdapat dalam ayat itu
keistimewaan-keistimewaan Makkiy, orang mengatakan dia adalah Makkiyah. Dan
sebaliknya, apabila terdapat keistimewaan-keistimewaan Al-Madaniy, maka orang
mengatakan bahwa dia adalah Madaniyah. Ini kias ijtihadiy.
Untuk ini orang
mengemukakan contoh tiap-tiap surat yang di dalamnya terdapat kisah Nabi-nabi
dan bangsa-bangsa yang sudah lenyap, maka ayat ini adalah Makkiyah. Tiap-tiap
surat yang di dalamnya terdapat kewajiban-kewajiban atau hukum, maka surat ini
adalah Madaniyyah, beginilah kata Al Ja’bariy. Untuk mengetahui Al-Makkiy dan
Al-Madaniy dua caranya. Sama’i dan kiasi.[13]
KESIMPULAN
Masih dalam
kaitan dengan ilmu asbabin nuzul, ilmu makki wal-madani yang
secara khusus membahas Al-Qur’an dari segi periodesasi turunnya Al-Qur’an saat
Nabi Muhammad SAW. Bertempat tinggal Makkah dan setelah beliau hijrah ke
Madinah, merupakan salah satu cabang ilmu Al-Qur’an yang sangat signifikan
dalam memahami dan menafsirkan Al-Qur’an. Terutama dalam kedudukannya sebagai
sarana untuk mencermati ayat-ayat Al-Qur’an dari segi makkiyah dan madaniyah-nya.
Dan ini sangat berguna bagi mufassirin terutama dalam menganalisis hubungan
antara ayat yang satu dengan ayat yang lain di saat hendak menyimpulkan pemecahan
suatu masalah dan peng-istimbatan hukum.
Ada dua cara
untuk mengetahui surat Makki dan surat Madani, yaitu dengan cara sima’i dan
kias. Metode sima’i naqli itu dikaitkan kepada riwayat yang sah dari
sahabat-sahabat yang hidup dimasa turunnya wahyu itu. Mereka ini menyaksikan
sendiri turunnya. Metode kias ijtihadiy itu dikaitkan kepada keistimewaan
Al-Makki dan Al-Madani. Untuk ini orang mengemukakan contoh tiap-tiap surat
yang di dalamnya terdapat kisah Nabi-nabi dan bangsa-bangsa yang sudah lenyap,
maka ayat ini adalah Makkiyah. Tiap-tiap surat yang di dalamnya terdapat
kewajiban-kewajiban atau hukum, maka surat ini adalah Madaniyyah.
DAFTAR PUSTAKA
Marzuqi Kamaluddin,
‘Ulum Al-Qur’an, Bandung : Remaja Rosdakarya Offset, 1994
Quthan Mana’ul,
Pembahasan Ilmu Al-Qur’an, Jakarta : PT Rineka Cipta, 1993
Suma Muhammad
Amin, Ulumul Qur’an, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2013
[1]
Muhammad Amin Suma, Ulumul Qur’an, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada,
2013, hlm : 276
[2]
Mana’ul Quthan, Pembahasan Ilmu Al-Qur’an, Jakarta : PT Rineka C6ipta,
1993, hlm 1:63
[3]
Muhammad Amin Suma, Ulumul Qur’an, Jakarta : PT RajaGrafindo P4ersada,
2013, hlm : 275
[4]
Kamaluddin Marzuki, ‘Ulum Al-Qur’an, Bandung : PT Remaja Rosdaka62rya,
1994, hlm : 52
[5]
Kamaluddin Marzuqi, ‘Ulum Al-Qur’an, Bandung : Remaja Rosdakarya Offset,
1994, hlm : 48
[6]
Muhammad Amin Suma, Ulumul Qur’an, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada,
2013, hlm : 275
[7]
Mana’ul Quthan, Pembahasan Ilmu Al-Qur’an, Jakarta : PT Rineka Cipta,
1993, hlm :64
[8]
Kamaluddin Marzuki, ‘Ulum Al-Qur’an, Bandung : PT Remaja Rosdaka62rya,
1994, hlm : 58
[9]
Kamaluddin Marzuqi, ‘Ulum Al-Qur’an, Bandung : Remaja Rosdakarya Offset,
1994, hlm : 49
[10]
Mana’ul Quthan, Pembahasan Ilmu Al-Qur’an, Jakarta : PT Rineka Cipta,
1993, hlm :62
[11]
Muhammad Amin Suma, Ulumul Qur’an, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada,
2013, hlm : 287
[12]
Muhammad Amin Suma, Ulumul Qur’an, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada,
2013, hlm : 286
[13]
Mana’ul Quthan, Pembahasan Ilmu Al-Qur’an, Jakarta : PT Rineka Cipta,
1993, hlm :63
0 komentar:
Post a Comment