September 27, 2015

Kaisar dan Sebuah Benih

Dahulu kala, hiduplah seorang kaisar di Timur Jauh yang sudah tua dan sudah waktunya untuk memilih penggantinya. Bukannya memilih salah anak-anaknya sebagai penggantinya, ia memutuskan sesuatu yang berbeda. 

Suatu hari, Kaisar mengumpulkan semua pemuda di dalam istana. Dia mengatakan, "Sudah saatnya bagiku untuk mundur dan memilih kaisar berikutnya. Aku telah memutuskan untuk memilih salah satu dari kalian."

Anak-anaknya merasa sangat terkejut. Tetapi kaisar terus berkata "Aku akan memberikanmu masing-masing satu benih hari ini. Seubah benih yang sangat istimewa. Aku ingin kalian menanam benih ini, menyiramnya, merawatnya dan kembali ke sini satu tahun kemudian untuk aku periksa. Kemudian aku akan menilai tanaman yang kalian bawa. Dan berdasarkan tanaman kalian, aku akan memilih untuk menjadi kaisar berikutnya! "

Salah satu anak laki-laki bernama Ling ada di sana hari itu dan ia seperti yang lainnya juga menerima benih. Ia pulang ke rumah dengan penuh semangat dan memberitahu pada ibunya apa yang terjadi. Ibunya membantunya mendapatkan pot dan mengumpulkan tanah. Ling kemudian menanam benih itu dan menyiramnya dengan hati-hati. Setiap hari ia menyiram benih itu dan melihat apakah benih itu telah tumbuh. Setelah sekitar tiga minggu, beberapa pemuda lainnya mulai berbicara tentang bibit mereka dan tanaman mereka yang mulai tumbuh.

Ling terus memeriksa benihnya, tapi tidak pernah tumbuh. Tiga minggu, empat minggu, lima minggu berlalu. Tetap tidak ada  yang tumbuh. Sekarang, orang lain sedang berbicara tentang tanaman mereka, tetapi Ling tidak punya tanaman, dan ia merasa gagal. 

Enam bulan teah berlalu. Setiap orang memiliki pohon dan tanaman yang tinggi, tapi tanaman Ling tetap tidak tumbuh. Ling tidak mengatakan apa-apa kepada teman-temannya. Dia hanya terus menunggu benihnya untuk tumbuh.

Setahun akhirnya berlalu dan semua pemuda kerajaan membawa tanaman mereka ke Kaisar untuk pemeriksaan. Ling mengatakan kepada ibunya bahwa ia tidak akan membawa pot kosong. Ibunya memberi nasehat pada Ling untuk jujur ​​tentang apa yang terjadi. Ling merasa mual, tapi ia tahu ibunya benar. Dia kemudian membawa pot kosong ke istana. Ketika Ling tiba, ia kagum pada berbagai tanaman yang tumbuh oleh para pemuda lain. Tanaman  yang indah dalam segala bentuk dan ukuran. Ling menaruh potnya yang kosong di lantai. Dan banyak orang yang menertawakannya. Beberapa orang merasa kasihan padanya dan hanya berkata, "Kau sudah berusaha"

Ketika Kaisar tiba, ia mengamati ruangan dan disambut oleh para pemuda. Ling mencoba untuk bersembunyi di belakang. 
"Astaga, indah dan besar sekali tanaman yang anda tanam" kata Kaisar. "Hari ini, salah satu dari kalian akan ditunjuk menjadi Kaisar berikutnya!" 

Tiba-tiba, sang Kaisar melihat Ling di belakang ruangan dengan potnya yang kosong. Ia memerintahkan pengawalnya untuk membawa Ling ke depan. Ling sangat ketakutan. "Kaisar tahu aku gagal! Mungkin dia akan membunuhku!" pikir Ling.

Ketika Ling tiba di depan, Kaisar menanyakan namanya. "Nama saya Ling," jawabnya. Semua anak-anak tertawa dan mengolok-oloknya. Kaisar meminta semua orang untuk tenang. 

Dia menatap Ling, dan kemudian mengumumkan kepada semua orang, "Lihatlah kaisar baru Anda! Namanya Ling!" Ling tidak bisa percaya. Ling bahkan tidak bisa tumbuh benihnya. Bagaimana ia bisa menjadi kaisar baru?

Kemudian kaisar berkata, "Satu tahun yang lalu, aku memberikan semua orang sebuah benih. Aku mengatakan kepada kalian untuk mengambil benih ini, menanam dan merawatnya kemudian membawanya kembali kepadaku hari ini. Tapi aku memberikan kalian bibit rebus yang tidak akan tumbuh. Kalian semua, kecuali Ling, membawakanku pohon dan tanaman dan bunga. Kalian telah menukar bibitku dengan bibit lain sehingga bisa tumbuh seperti itu. Ling adalah satu-satunya dengan keberanian dan kejujuran untuk membawakanku sebuah pot dengan benih yang saya berikan. Oleh karena itu, ia adalah orang yang akan menjadi kaisar baru! "

Nabi mengajarkan, "Sejati mengarah ke kebenaran, dan kebenaran mengarah ke Surga. Dan seorang laki-laki terus mengatakan kebenaran sampai ia menjadi orang yang jujur. Mengarah Kepalsuan Al-Fajur (yaitu kejahatan, kejahatan-melakukan), dan Al-Fajur (kejahatan) mengarah ke (neraka), dan seorang pria bisa terus berbohong sampai dia ditulis di sisi Allah, pembohong. "

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2015 Baca Online dan Seputar Blog
| Distributed By Gooyaabi Templates